Tentang Samadaya

Samadaya, sebuah penggambaran upaya menjalin ikatan lintas ruang sosial, ekonomi maupun budaya, untuk bersama-sama menuju masa depan yang baik, dan batik sebagai pintu masuknya. Melalui pendidikan batik diharapkan mampu memberikan pemahaman baru yang holistik. Berawal dari perkenalan tentang nama motif, asal, dibuat oleh siapa, hingga makna pada sehelai kain batik, untuk kemudian mengajak kita berpikir bagaimana prosesnya. Proses pembuatan yang tidak sederhana, yang melibatkan berbagai elemen masyarakat yang beragam. Sampai pada akhirnya muncul kesadaran bahwa bicara batik ternyata mencakup batasan yang luas.

Berangkat dari kesadaran itulah dilakukan usaha pembangunan ekosistem dari hulu ke hilir, saling terintegrasi, untuk mencapai kesepakatan yang bersifat dua arah, dan mempunyai dampak mutual ke segala arah (peningkatan ekonomi, berkembangnya budaya batik, meluasnya hubungan sosial yang berjejaring, dan peningkatan pengetahuan batik di masyarakat). Mulai dari proses kreasi, produksi, inovasi, distribusi, dan kuncinya di tahap pengetahuan produk. Harapannya semua yang diilakukan bersama, dengan kekuatan dan pemikiran bersama, akan menghasilkan tujuan dan manfaat yang dapat dirasakan bersama.

Arti nama SAMADAYA dijelaskan dalam tagline ‘bersama untuk berdaya”.
Samadaya adalah sebuah program implementasi dari Institut Pluralisme Indonesia (IPI) guna memperkokoh kebersamaan/ sinergi antar pihak untuk berpartisipasi aktif dalam pemberdayaan komunitas multibudaya

Warna: Biru Gelap/ Biru Tengah Malam (Midnight Blue) dan Merah Cabai (Chilli Red)

Blue also represents meanings of depth, trust, loyalty, sincerity, wisdom, confidence, stability, faith, heaven, and intelligence. The color blue has positive effects on the mind and the body.

The color blue in many cultures is significant in religious beliefs, brings peace, or is believed to keep the bad spirits away.

Red represents power and courage. … In different cultures red carries different meanings. In some cultures, red represents purity, joy, and celebration and is a traditional color worn by brides. In China, red is used for good luck and represents happiness and prosperity.

Arti warna logo Samadaya:
Komitmen kuat/ konsistensi untuk mendukung perwujudan budaya damai (culture of peace) dalam komunitas multikultural
Bentuk & Nama Logo Inti Samadaya

Logo Samadaya

Bentuk & Nama Logo Inti Samadaya

Unsur Logo Wijayakusuma Gringsing Nila

  • Tiga petal bunga Wijayakusuma (Epiphyllum oxypetalum berwarna biru (nila) yang berputar terus-menerus searah jarum jam
  • Bunga Wijayakusuma adalah bunga misterius lambang kejayaan dan kesehatan/ kehidupan    yang berbau sangat harum saat merekah pada malam hari,    satu kali saja dalam setahun.       bunga wijayakusuma hanya merekah dan bertahan satu    malam saja. 

Bunga wijayakusuma disebut sebagai Queen of the Night

 • Ornamen gringsing = pencerahan batin/ karakter manusia

• Warna biru = kedamaian

• Tiga petal = tiga misi Samadaya – IPI

– Pemberdayaan komunitas multibudaya

– Riset/ Studi- Pendidikan

Mengabadikan Batik Lasem